Pages

Sabtu, 06 April 2013

CARA INSTAL PUPPY LINUX 5.3.3



Apaitu Puppy Linux?
Puppy Linux merupakan sistem operasi mini yang dikembangkan oleh Barry Kauler dari distro Slackware yang mempunyai kapasitas hanya 105 Mb, Puppy Linux 5.3.3  ( yang digunakan ) merupakan sistem operasi yang sangat cepat dengan dukungan wireless. Puppy Linux dapat digunakan pada Live CD, DVD, USB dengan spesifikasi sistem yang sangat rendah ( Prosesor Pentium III 850Mhz, RAM 384 Mb RAM).
Nah sekarang saya akan menjelaskan proses penginstalannya !!
saya menggunakan Puppy Linux versi 5.3.3
1. download file Puppy Linuxnya, setelah didownload file tersebut di burning ke CD (kita akan mengistal melalui Live CD)

2. Jalankan Live CD tersebut, dan tunggu sampai muncul tampilan desktop Puppy Linux

3. Pilih menu >>System>>Gparted Partition Editor

4. Pilih sda internalhard drive Descr (tergantung dari merk hardisk) lalu OKAY aja

5. Nah dari sini saya asunsikan saja, saya punya 1 partisi yaitu hanya C: yang berisi Windows 7 (perhatian partisi tidak boleh lebih dari 2 partisi agar bisa menginstal Puppy Linux ke hard drive) bila di puppy linux C: akan terbaca /dev/sda2. sekarang kita akan membuat partisi untuk menginstal puppy linux. Maka tinggal klik kanan saja pada partisi C: yang terbaca /dev/sda2 (kapasitas hardisk yang saya miliki adalah 500Gb) kita pilih Resize untuk merubah ukuran partisi yang ingin di install puppy linux. saya saya meresize 10Gb dari partisi C:/dev/sda2, langkah berikutnya membuat partisi yang berformat ext3 caranya klik kanan apda partisi 10Gb tersebut>>new>>pada bagian free space isikan partisi yang ingin dibuat (saya mengambil 4Gb). Selanjutnya kita akan membuat partisi lagi yang berformat linux-swap caranya sama klik kanan saja pada partisi yang masih kosong saya membuat linux\swap berukuran 1 Gb. Bila sudah ke menu Edit pilih apply all opertion atau klik langsung icon apply/centang.

6. Setelah beres membuat partisi langkah selanjutnya tinggal mulai proses installasi, klik menu>>Setup>>Puppy Universal Installer.

7. Pilih Internal (IDE or SATA) harddrive karena kita akan meng-install Puppy Linux ke harddisk.

8. Klik OK aja

9. Nah sekarang pilih tujuan installasi (dalam hal ini kita pilih Install Puppy to sda3) karena sda3 adalah partisi ber-format ext3 yang telah kita buat.

10. Lalu klik OK aja.

11. Pilih source/sumber installasi Puppy Linux, dalam hal ini kita pilih CD aja soalnya emang kita jalankan Puppy Linux via Live CD, tapi bisa juga pilih Directory kalau kita masih punya file ISO dari Puppy Linux yang akan kita install.

12. Setelah yakin CD ada didalam klik OK aja.

13. Nah sekarang pilih Full karena kita akan menggunakan seluruh partisi sda3 yang telah kita buat.

14. Tunggu sebentar ketika proses peng-copy-an file2 Puppy Linux dari CD kedalam partisi sda3 berjalan.

15. agar bisa dual boot kita harus menginstall GRUBnya, ke menu>>System>>Grub Legacy bootloader config.

16. Pilih simple untuk kemudahan installasi GRUB.

17. Pilih standard aja sebagai pilihan default.

18. Tentukan partisi dimana Grub akan ditaruh, dalah hal ini biarkan saja Grub ditaruh di /dev/sda3.

19. Lalu pilih MBR saja karena kita akan membuat Puppy Linux dual boot dengan Windows XP yang sudah kita install sebelumnya. Jika kita hanya akan meng-install Puppy Linux sebagai single boot pilih Root saja.

20. Bila BRUB sudah terinstall OKAY aja, dan puppy linux sudah terinstal di hard drive anda.

21. Nah, itulah langkah2 installasi Puppy Linux dual boot dengan Windows 7 yang saya lakukan. Semoga bermanfaat !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news